Rabu, 08 Oktober 2014

Pengertian IBD , Tujuan IBD , dan Ruang lingkup IBD




ILMU BUDAYA DASAR

PENDAHULUAN
Semakin berkembangnya zaman dan teknologi membuat masyarakat makin dipermudah untuk berkomunikasi sesama teman , kerabat maupun keluarga dan bisa juga untuk mencari informasi. Informasi itu pun akan didapatkan dengan mudahnya melalui media-media tersebut . sebenarnya kita dapat melestarikan budaya-budaya yang ada di negara kita . di negara ini memiliki berbagai macam norma - norma , agama , suku , dan budaya - budaya yang kini hampir hilang karena arus globalisasi dan perkembangan zaman teknologi. Belum lagi ketika beberapa budaya kita ‘dijiplak’ oleh beberapa negara yang tidak bertanggung jawab. Ini dikarenakan bangsa kita kurang melestarikan budaya asli yang ada di negara kita ini. Kurang kesadaran dari generasi muda yang ingin melestarikan budaya yang kita punya sekarang . Dengan mempelajari ilmu budaya dasar (IBD), mudah-mudahan kita dapat mempelajari dan memahami tentang ilmu-ilmu budaya kita.


RUMUSAN MASALAH 
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, beberapa masalah yang dapat dirumuskan dan akan dibahas antara lain:
  • Pengertian Ilmu Budaya Dasar
  • Tujuan mempelajari Ilmu Budaya Dasar
  • Manfaat bagi mahasiswa untuk mempelajari Ilmu Budaya Dasar
  • Hubungan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar dengan kehidupan masyarakat
  • Pokok bahasan Ilmu Budaya Dasar
PEMBAHASAN

Pengertian IBD
Pada dasarnya, ilmu budaya dasar secara umum adalah ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar kebudayaan di negara tersebut. Ilmu budaya dasar berasal dari kata “The Humanities” dalam bahasa latin, humanus berarti manusia, berbudaya dan halus. Ilmu budaya dasar mempelajari tentang aspek nilai - nilai kebudayaan dan norma – norma yang ada di suatu negara tersebut. Dengan demikian, manusia sebagai homo humanus (manusia yang memiliki jiwa berbudaya).
Ilmu budaya juga termasuk dalam tiga kelompok besar ilmu pengetahuan;
1. Ilmu alamiah (natural science): bertujuan untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang ada di alam pada negara tersebut
2. Ilmu sosial (social science): bertujuan untuk mengetahui keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia dalam bersosialisasi
3. Pengetahunan budaya (the humanities): bertujuan untuk memahami dan mencari sumber yang bersifat manusiawi.
Pengertian budaya menurut E.B. Taylor yan juga seorang antropolog, kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan lain dan juga kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat. 

Sedangkan menurut Seolo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
Ilmu budaya dasar membahas tentang nilai-nilai, kebudayaan, dan berbagai masalah yang dihadapi manusia pada sekarang ini . kita perlu mempelajarinya, karena sistem pendidikan kita dirasa sangat kurang. Ruang lingkup pendidikan bangsa kita condong membuat manusia tidak memiliki pandangan yang luas dalam berpikir, karena di perguruan tinggi relatif hanya mempelajari dan fokus kepada satu bidang saja, tidak dibidang lain, alhasil mereka terlihat ‘buta’ mengenai bidang lain yang tidak mereka kuasai.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar
Beberapa tujuan mempelajari IBD:
  • Agar lulusan Perguruan Tinggi dari semua jurusan dapat memiliki kesamaan atau kesambungan bahan pembicaraan dengan bidang lain, tidak hanya satu bidang saja.
  • Nantinya lulusan perguruan tinggi punya pengetahuan yang cukup luas tentang budaya Indonesia,  generasi muda harus memiliki minat untuk mempelajari dan melestarikan budaya-budaya Indonesia agar lebih baik dan lebih dalam lagi.
  • Menjadikan bangsa kita berjiwa pancasila, sehingga semua keputusan mencerminkan pengamalan nilai pada pancasila
  • Memiliki wawasan budaya yang luas.
Manfaat bagi mahasiswa yang mempelajari Ilmu Budaya Dasar
Cukup banyak manfaat bagi mahasiswa dalam mempelajari ilmu budaya dasar. diantaranya menjadikan mahasiswa peka terhadap lingkungan budaya di negara ini, agar dengan mudahnya dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan budaya pada masing – masing tempat, terutama di lingkungan profesi mereka nanti. Kemudian mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar lebih mampu berdialog satu sama lain. Ketika mereka memiliki bekal yang sama, otomatis lebih mudah dalam berkomunikasi. Jika berkomunikasi dengan baik, maka akan lebih memperlancar pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang keahlian. Meski spesialisasi sangat penting, tetapi jika spesialisasi yang kita miliki terlalu sempit, akan membuat dunia seorang mahasiswa menjadi sempit. Proses moderenisasi membutuhkan orang yang berpandangan luas, maka dari itu mahasiswa atau sarjana yang seperti demikian tidak dapat dimanfaatkan secara penuh. Selain itu juga diharapkan mahasiswa dapat menanamkan keberanian moral untuk mempertahankan nilai-nilai budaya yang benar dan dapat menolak nilai-nilai budaya yang tidak benar .


Hubungan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar dengan kehidupan sehari - hari
Terkadang kita dihadapkan pada pilihan - pilahan yang kerap kali membingungkan bagi kita. Kita sebagai individu harus menanamkan peran ilmu budaya dasar dihati kecil kita. Ini sangat penting untuk memudahkan kita mengambil keputusan.
Dalam kehidupan bermasyarakat, jika kita memiliki dasar yang kuat tentang tata cara dan sikap kita dalam bermasyarakat, maka nantinya kita akan lebih mudah membawa diri kita kedalam masyarakat.
Sedangkan ilmu budaya dasar dalam kehidupan keluarga, dapat mempengaruhi sikap kita kepada tiap anggota keluarga, bagaimana caranya agar kita tidak mengecewakan setiap anggota keluarga kita, terutama orangtua kita.

Pokok bahasan Ilmu Budaya Dasar
Ada delapan pokok bahasan yang harus kita ketahui, diantaranya;
-          Manusia dan cinta kasih
-          Manusia dan keindahan
-          Manusia dan penderitaan
-          Manusia dan keadilan
-          Manusia dan pandangan hidup
-          Manusia dan tanggung jawab dan pengabdian
-          Manusia dan kegelisahan
-          Manusia dan harapan

KESIMPULAN
Ilmu budaya bukanlah ilmu sastra, tari, filsafat, ataupun ilmu lainnya. yang terdapat dalam pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar hanya mempergunakan karya yang terdapat dalam pengetahuan untuk mendekati masalah kemanusiaan dan budaya.

Daftar pustaka :
 



Tidak ada komentar:

studi kasus numerik berkenaan dengan etika profesi

Materi 10  studi kasus numerik berkenaan dengan etika profesi Studi Kasus Numerik Berkenaan Dengan Etika Profesi : Bidang Design dan Pr...